Recent Posts

Minggu, 19 April 2015

0 komentar

Mengungkap Merek Asing Pada Ikan dari Laut Indonesia

Coba bayangkan, ikan dari laut Indonesia 'ditambang' anak buah kapal (ABK) dari negara lain, kemudian dibawa ke negara itu dan dibungkus dengan cap hasil produk negara asing itu. Ikan-ikan dari laut Indonesia dijual ke sejumlah negara konsumen, mulai dari Jepang sampai Eropa tapi bukan sebagai ikan Indonesia.

Negara-negara konsumen tak paham, bahwa ikan yang mereka konsumsi berasal dari Laut Indonesia. Dan perlu dicatat, ini sudah terjadi bertahun-tahun. Di zaman Menteri Perikanan dan Kelautan (KKP) Susi Pudjiastuti dimulai langkah revolusioner di laut.

Satgas Ilegal Fishing yang diketuai Mas Achmad Santosa pun dibentuk. Tim ini 'gentayangan' menyelidiki dan mencegah 'penjarahan' ikan di laut Indonesia.

"Laut Indonesia ini luas dan kaya," kata Mas Achmad Santosa akhir pekan lalu di Ambon, Maluku.

Bersama Wakil Ketua Satgas Yunus Husein, serta sejumlah anggota tim dari kepolisian dan juga KKP sejumlah wilayah lumbung ikan disasar. Dari Sabang sampai Merauke semua diperiksa.

Sejak November 2014 lalu, moratorium penangkapan ikan dilakukan. Kapal-kapal pencuri ikan ditangkap dan diledakkan. Kapal milik orang Indonesia, tetapi yang memakai ABK Thailand, Burma, dan kapal eks asing 'dikandangkan'.

Detikcom berkesempatan mengikuti aksi Tim Satgas di Ambon. Dua pejabat KKP yang bagian dari Satgas yakni Direktur Sumber Daya Ikan Aryo Hanggono dan Direktur Perlabuhan Perikanan Tony Ruchimat memanggil para pemilik kapal Indonesia dan menanyai mereka.

Berita lainnya :

http://blogberkatakata.blogspot.com/2015/04/mario-si-penyusup-roda-pesawat-yang.html
http://coretansipinky.blogspot.com/2015/04/raffi-gigi-tak-bisa-lepas-dari-internet.html
http://alhariz87.blogspot.com/2015/04/gerrard-bukan-lagi-jimat-liverpool.html
http://peace-palestine-israel.blogspot.com/2015/04/angelina-jolie-dan-brad-pitt-segera.html
http://ipaspwb.blogspot.com/2015/04/sadis-pengusaha-korban-penculikan.html

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Populer Post

Copyright © Design by Dadang Herdiana